Apa itu Digital Forensics ?

Dewasa ini berkembang bidang yang menjadi trending pada dunia teknologi informasi khususnya berkaitan dengan maraknya kejahatan di dunia maya. Peran seorang pakar security dan digital forensic dituntut untuk dapat membongkar kejahatan tersebut. untuk lebih mengenal tentang digital Forensic, di bawah ini berbagai definisi yang diambil dari berbagai sumber. Selamat membaca.

Digital Forensik adalah Proses mengungkap dan menerjemahkan data elektronik, tujuannya adalah untuk menjaga keaslian dari bukti digital saat melakukan penyelidikan terstruktur dengan mengumpulkan, mengidentifikasi dan memvalidasi informasi digital untuk tujuan merekonstruksi peristiwa yang terjadi.
Sumber Definisi: https://www.techopedia.com/definition/27805/digital-forensics
Inti : Data Elektronik, Keaslian Barang bukti.

Digital Forensik adalah Penggunaan metode ilmiah yang berasal dan terbukti terhadap pelestarian, pengumpulan, validasi, identifikasi, analisis, interpretasi, dan dokumentasi presentasi bukti digital yang berasal dari sumber-sumber digital untuk tujuan memfasilitasi atau melanjutkan rekonstruksi peristiwa ditemukan pidana, atau
membantu untuk mengantisipasi tindakan yang tidak sah.
Sumber Definisi : Brian Carrier (Defining Digital Forensic Examination and Analysis Tools Using Abstraction Layers)
Inti : Metode, Data Elektronik dan Tindakan Pidana

Digital Forensik adalah cabang dari ilmu forensik meliputi pengungkapan dan investigasi bersumber dari perangkat digital dan berkaitan dengan kejahatan komputer.
Sumber Definisi: https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_forensics
Inti : Barang bukti elektronik, Kejahatan komputer.

Digital Forensik adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital merupakan hasil ekstrak dari barang bukti elektronik seperti Personal Komputer, mobilephone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisis.
Sumber Definisi: Ruby Alamsyah
Inti : Barang bukti lektronik, media penyimpanan dan pengadilan

Digital Forensik adalah ilmu yang berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer. Jadi dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa digital forensik merupakan teknik atau cara menangani barang bukti digital untuk diproses dan menghasilkan informasi yang berguna untuk keperluan pengadilan.
Sumber definisi: Noblett
Inti : barang bukti elektronik, teknik atau cara, dan pengadilan

Kesimpulan
Digital Forensik merupakan cabang ilmu forensik yang digunakan dalam rangka menemukan barang bukti digital yang diekstrak dari barang bukti elektronik (perangkat elektronik) yang memiliki media penyimpanan data dari suatu kasus kejahatan mulai dari prosedur pengumpulan, validasi, identifikasi, pengamanan, analisis hingga pembuatan dokumentasi sehingga bisa digunakan dalam pengungkapan kasus di muka persidangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *